Maintenance & Repair PC


Maintenance & Repair PC


*      Definisi dari Maintenance & Repair PC
ü  Maintenance (Pemeliharaan) adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kondisi suatu barang agar dapat beroperasi sesuai dengan kemampuannya sampai waktu yang telah ditentukan pada spesifikasinya.
ü  Repair adalah kegiatan mengganti atau memperbaiki sebagian dari peralatan yang rusak agar dapat beroperasi kembali sesuai fungsi dan kemampuannya seperti keadaan sebelum rusak.
ü  Maintenance & Repair terbagi 2 Jenis, yaitu:
1.    Melalui Software (Maintenance Software)
2.    Melalui Hardware (Maintenance Hardware)

*   Tujuan utama dari Maintenance dan Repair
1) Kemampuan berproduksi dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan rencana produksi.
2) Menjaga kualitas pada tingkat yang tepat untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh produk itu sendiri dan kegiatan produksi yang tidak terganggu.
3) Untuk membantu mengurangi pemakaian dan penyimpangan yang diluar batas dan menjaga modal yang diinvestasikan dalam perusahaan selama waktu yang ditentukan sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan mengenai investasi tersebut.
4) Untuk mencapai tingkat biaya maintenance serendah mungkin, dengan melaksanakan kegiatan maintenance secara efektif dan efisien keseluruhannya.
5) Menjamin keselamatan operator peralatan atau mesin.
6) Mengadakan kerja sama yang erat dengan fungsi-fungsi utama lainnya dari suatu perusahaan yaitu tingkat keuntungan atau return of investment yang sebaik mungkin dan total biaya yang terendah. 

*      Penjelasan dari Maintenance Software dan Maintenance Hardware
1.    Melalui Software (Maintenance Software)
yang umum dikerjakan adalah update software seperti antivirus, program dan aplikasi, Sistem Operasi, dan file-file lainnya.
ü  Menguji kebenaran software yang terpasang saat ini. Ikuti kebijakan organisasi atau perusahaan ketika menginstal Scurity Updates, Operating System Updates, Program Updates. Beberapa organisasi atau perusahaan tidak mengizinkan update sebelum / sampai menguji secara luas software itu selesai. Jika pengujian telah selesai maka akan mendapat konfirmasi bahwa update tidak akan mengalami masalah dengan Operating System dan Software.
2.    Melalui Hardware (Maintenance Hardware)
meliputi perawatan teknis terhadap semua bagian perangkat keras dari komputer, mulai dari pembersihan bagian bagian CPU, monitor, perangkat input, perangkat cetak dan perangkat jaringannya.
ü  Periksa kondisi dari kabe, komponen, dan piranti yang dihubungkan ke komputer seperti printer. Bersihkan komponen untuk mengurangi overheating. memperbaiki atau mengganti komponen yang terlihat memiliki gejala tidak baik atau sudah usang.

*       Manfaat dari Maintenance dan Repair
Mejandikan proaktif dalam perawatan peralatan komputer dan perlindungan data.dengan melakukan perawatan rutinitas secara terarur. Anda bisa mengurangi potensi masalah Hardware dan Software. Melakukan perawatan akan mengurangi komputer menurunkan waktu dan biaya perbaikan.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNOLOGI JARINGAN NIRKABEL PADA PAN, WLAN DAN WAN

KONFIGURASI VoIP Di DEBIAN 7

Struktur Sistem Operasi Windows