Tugas RakitPC (Kelompok Motherboard)

kelompok motherboard


1. Eka Asriana 
2. Fransiska
3. Melda Octaviyanti
4. Nia Anggraini

1.  motherboard

Motherboard adalah papan dimana komponen-komponen komputer di tancapkan dan dapat saling berhubungan. Setiap motherboard memiliki karakteristik dan arsitektur serta komponen yang berbeda tergantung pembuatnya, seri produk, pangsa pasar yang ingin di raih serta teknologi yang sedang berkembang.

  Motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).

2. Jenis-jenis motherboard

1. AT bbaby/AT
motherboard jenis ini adalah format motherboard yang digunakan dalam 386 dan 486 komputer pertama. lalu digantikan oleh format ATX, format ini membentuk sirkulasi udara yang baik dari sebelumnya dan memudahkan untuk mengakses komponen” pada komputer.

2. ATX 
ATX ini adalah salah satu jenis dari motherboard yang dapat diubah atau juga di upgrade ke AT baby. ini dimaksudkan untuk mempermudah anda. jenis motherboard ini dirancang untuk memasukan peripheral contohnya IDE konektor yang terdapat di samping disk. jenis jenis dari motherboard ATX ini juga ada beberapa , yaitu Standar ATX, mikro ATX, Flex-ATX dan juga mini-ATX.

3. BTX

Jenis motherboard BTX ini bermaksud mendukung jenis intel yang dirancang untuk memperbaiki sebuah pengaturan pada komponen, sehingga mengoptimalkan sirkulasi udara, akustik dan juga pengendalian panas. konektor konektor didalam motherboard ini dipasang secara paralel kedalam udara mengalir. listrik BTX ini sama dengan pasokan listrik ATX.

4. ITX
Motherboard ITX ini adalah sebuah format dari Teknologi Informasi Extended. Motherboard ITX ini didukung dengan format VIA, yang sangat kompak dirancang untuk mengkonfigurasi miniatur seperti mini-PC . Jenis yang sama dengan motherboard jenis ini ialah jenis motherboard mini-ITX dan juga nano ITX.

3. Kendala yang sering di alami

 Kerusakan Pada Mother Board
 
Gejala :
 
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.

Solusi :
 
Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.







Pertanyaan dari Amos Agapao :
Apakah jenis prosessor pada motherboard ATX sama jenisnya dengan motherboard ITX ?
Jawabannya :
– Socket Processor
Jenis Socket Processor pada motherboard tersebut mestilah sama dengan jenis processor yang hendak digunakan. Contohnya socket processor 
ATX sekiranya menggunakan processor ITX.
Pertanyaan dari Bapak Hasibuan :
Motherboard yang cocok untuk server
Jawabannya :
uMini-ITX form factor
uIntel® Xeon® D-1521 processor
u4 x RDIMM/UDIMM slots, DDR4 2133MHz
u2 x 10GbE SFP+ LAN ports (Cortina® CS4227)
u2 x GbE LAN ports (Intel® I210)
u6 x SATA III 6Gb/s
uAspeed® AST2400 remote management controller
uMini-ITX form factor
uIntel® Xeon® D-1521 processor
u4 x RDIMM/UDIMM slots, DDR4 2133MHz
u2 x GbE LAN ports (Intel® I210)
u6 x SATA III 6Gb/s 
uAspeed® AST2400 remote management controller
uMini-ITX form factor
uIntel® Xeon® D-1541 processor
u4 x RDIMM/UDIMM slots, DDR4 2133MHz
u2 x GbE LAN ports (Intel® I210)
u6 x SATA III 6Gb/s 
uAspeed® AST2400 remote management controller

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNOLOGI JARINGAN NIRKABEL PADA PAN, WLAN DAN WAN

KONFIGURASI VoIP Di DEBIAN 7

Struktur Sistem Operasi Windows